Selasa, 10 Juni 2008

sistem informasi akademi

1. Arsip Metadata Perpustakaan UPIKONTRIBUSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PADA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (Studi Kasus)Koleksi Skripsi, Tesis dan Disertasi Perpustakaan UPILihat Info ArsipRuasIsiJudulKONTRIBUSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PADA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (Studi Kasus)PenulisKARSONO, joko,Subjek/JurusanAdministrasi PendidikanAbstrakImplikasi tatanan sosial, ekonomi dan politik global sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi yang fantastis yang menggejala sejak dekade akhir abad lalu, telah mcrambah ke hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk kehidupan masyarakat pendidikan. Semakin bertambah tajamnya tingkat kompetisi di masyarakat, mendorong semua pelaku bisnis, penyaji layanan adminisrasi dan masyarakat pendidikan melangkah dengan menggunakan strategi yang kompetitif mendasari infomrasi yang berkualitas. Penguasaan informasi yang merupakan salah satu pendukung fital dalam proses pengambilan keputusan merupakan salah satu persyaratan baku, agar manajemen dapat mengelola dan mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Kemudahan mengolah data dan mengakses informasi dalam proses organisasi memberikan peluang besar kepada organisasi untuk secara kualitatif dan kuantatif dapat mewujudkan outputnya. Kualilas lulusan sekolah khususnya Perguruan Tinggi dipengarahi oleh beberapa faktor, antara lain kualitas dosen, kurikulum, sarana dan manajemen Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Dan dari berbagai jenis manajemen yang ada, yang akan dibahas dalam tesis ini adalah manajemen Sistem Informasi terutama Sistem Informasi Manajemen Pendidikan atau Akademik. Pendidikan yang merupakan salah satu faktor penentu yang mampu menopang keberhasilan program-pogram pembangunan nasional kita, seharusnya mendapat perhatian yang fokus dari semua pelaku pembangunan. Karena keberhasilan dan kegagalan di sektor ini akan memberikan dampak yang sangat luas terhadap keberhasilan sektor-sektor lain. Oleh karenanya pendidikan dipandang sebagai suatu investasi dalam pemberdayaan sumberdaya dalam pembangunan termasuk pemberdayaan sumberdaya manusia. Institut Teknologi Bandung (ITB), sebuah Perguruan Tinggi bertaraf Internasional sangat fokus dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lulusan pendidikan yang dikelolanya. Dan karenanya Sistem Informasi Akademik sebagai sarana yang fital dalam proses manajemen khususnya dalam menyajikan informasi yang handal di sektor akademik, telah mendapat perhatian yang sangat fokus dari Para pengelola Perguruan Tinggi tersebut. Sejak seseorang terdaftar dalam Perguruan Tinggi ini sebagai mahasiswa, mengikuti proses belajar mengajar sampai yang bersangkutan diwisuda dipantau dan mendapat perhatian yang fokus Para pengelola Perguruan Tinggi ini, sehingga semua tahapan proses belajar mengajar dapat dipantau dan dilaksanakan dengan saksama. Penelitian ini terfokus kepada upaya penulis untuk mengetahui seberapa besar peranan dan kontribusi sistem informasi manajemen akademik sebagai sumber informasi akademik dalam mengolah, menata dan mendistribusikan informasi akademik untuk menopang peningkatan sistem pembelajaran pada Institut Tekonologi Bandung (ITB), yang bermuara pada kualitas lulusan Perguruan Tinggi ini. Karena informasi yang berkualitas atau handal yang berhubungan dengan identitas mahasiswa, kurikulum, proses pembelajaran, ketersediaan dan kualitas dan kuantitas sumberdaya, sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas keputusan dan kebijakan Manajemen Perguruan Tinggi tersebut dalam mengelola dan mencapai tujuan Perguruan Tinggi . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis. sistem informasi manajemen akademik sebagai pusat informasi akademik, dan kontribusinya terhadap sistem pembelajaran pada Institut Tekonologi Bandung (ITB). Untuk memperoleh pemahaman dan pengertian yang mendalam terhadap substansi masalah yang dikaji tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan (observasi), pengedaran kuesioner kepada para pengelola dan pelaku organisasi satuan kerja (Pusat Sumber Daya Informasi, ITB.), studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Sumber data pada penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer antara lain terdiri dari informsi tentang (1). Organisasi Pusat Sumber Daya Informasi ITB, termasuk sumberdayanya (sistem, tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja, hardware, software, karyawan dan sarana lainnya), (2). situasi dan kondisi lingkungan kegiatan akademik, baik lingkungan Organisasi Pusat Sumber Daya Informasi maupun organisasi ITB., (3). mahasiswa dan (4) dosen di ITB, serta (5) Para pengguna informasi akademik lainya. Sedangkan sumber data sekunder antara lain dokumen-dokumen resmi yang berhubungan ITB., serta stakeholder pendidikan pada ITB.PembimbingBambang Suwarno KardiawarmanPemilikUniversitas Pendidikan IndonesiaTanggal2006-09-27TipetextFormatapplication/mswordIdentifierhttp://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0927106-111904/Sumberhttp://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0927106-111904/LanguageenAksesunrestricted Copyright information available at source archivedigilib.upi.edu/union/index.php/record/view/6444 - 12k

Tidak ada komentar: