Selasa, 10 Juni 2008

manfaat blog

1001 Alasan dan Manfaat untuk Membuat Blog baik Perorangan maupun Perusahaan10 Jun, 2007Saya membuat blog Benpinter.com ini dengan maksud dan tujuan tertentu. Lalu apa saja sih alasan-alasan kita ngeblog?Kalau perorangan biasanya ngeblog karena:- ngisi waktu- ikutan tren- suka nulis- pengen cari kenalan baru- mendukung narsisme he he he (biasa yang sering pasang foto diri di blog)- biar lebih ngetop- cari peluang bisnisKalau alasan saya ngeblog di Benpinter.com ini:- Saya suka eksplorasi maupun browsing topik teknologi informasi terutama segi software, pemrograman dan perkembangan teknologi internet dan suka nulis sehingga kalau pengen nulis sudah ada wadahnya- Supaya merk “benpinter” lebih dikenal- Ikut-ikutan tren ngeblog juga (gengsi sptnya orang IT ga ada blog)- Latihan menulis lebih baik lagi- Pengisi waktu senggang- Bisa jadi media untuk cari kenalan baru atau memperluas networking- Bisa jadi wahana promosi yang efektif kalau blognya lakuSaat ini saya sedang membaca juga buku Blog Marketing yang ditulis oleh Jeremy Wright (belum selesai baca) dan dari buku ini saya jadi tahu ternyata memang ngeblog banyak sekali manfaatnya untuk dunia bisnis, terutama sisi pemasaran karena mampu menerima umpan balik, jadi bukan hanya transmitting tapi juga engaging.Banyak sekali perusahaan luar negeri yang memanfaatkan blog untuk media kolaborasi dan umpan balik untuk internal maupun publik seperti FastLane (http://fastlane.gmblogs.com/), Microsoft (http://blogs.msdn.com/) maupun Sun Microsystem (http://blogs.sun.com/).Mengapa blog efektif? Berikut ini adalah alasan-alasannya:- mudah diakses dari mana saja dan kapan saja- keterbukaan dan transparansi karena biasa ditulis dengan bahasa apa adanya dan sesuai kondisi apa adanya- memungkinkan umpan balik secara langsung- dinamis karena posting blog akan diupdate seiring perkembangan terbaru.- lebih personal karena penulis blogKarena efektif, blog dapat digunakan untuk:- membangun brand- memperkuat diri sebagai tought leader melalui ide-ide dan inovasi baru- membangun komunitas- sarana komunikasi dan hubungan masyarakat (humas)- sarana pemasaran melalui internet yang dapat ditemukan melalui search engine- manajemen proyek ( komunikasi internal )www.google.com

Tidak ada komentar: